Jokowi Pimpin Rapat Pengembangan Wisata Danau Toba di Sumut

65ffc289-c938-4579-ae3a-308907dd00fd_169

Simalungun – Presiden Joko Widodo serius ingin menjadikan Danau Toba sebagai salah satu kawasan wisata berkelas di Indonesia. Hal itu diupayakan Jokowi dengan datang langsung ke Sumatera Utara, mengumpulkan bupati, gubernur dan menteri untuk menindaklanjuti harapan itu.

Presiden Jokowi tiba di Sumatera Utara melalui Bandara Internasional Kualanamu, kemudian berpindah menggunakan pesawat CN-295 milik TNI AU untuk sampai di bandara terdekat dengan Danau Toba yaitu Bandara Silangit.

Dari situ Jokowi beserta rombongan menempuh perjalanan darat sekitar satu jam untuk sampai di tempat digelarnya rapat yaitu Hotel Niagara di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara. Hotel ini berada di tepi Danau Toba.

“Menindaklanjuti kunker lapangan dan rapat di Istana yang lalu, hari ini saya ingin memfinalkan. Jadi setelah ini tidak ada lagi rapat dengan saya, tinggal pelaksanaan,” kata Jokowi saat membuka rapat, Selasa (1/3/2016).

Hadir Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PU dan PERA Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung, Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen L Pusung, Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi beserta 7 bupati di sekitar Danau Toba.

Rapat di Istana yang dimaksud Jokowi digelar 2 Februari lalu. Sementara rapat kali ini di Danau Toba adalah perdana dan terakhir bagi Jokowi. Rapat digelar sederhana di salah satu ruang hotel yang tak begitu luas. Tampak sajian yang dihidangkan ada pisang rebus dan kacang.

“Saya sangat senang sekali gubernur, seluruh bupati semuanya bersatu rukun dalam rangka menyiapkan Danau Toba ini sebagai kawasan wisata prioritas kita,” lanjut Jokowi.

Jokowi berharap dalam rapat ini para bupati bisa menyampaikan solusi atas masalah yang dihadapai untuk mengembangkan wisata Danau Toba. Solusi itu yang nantinya akan diteruskan Jokowi kepada menteri-menteri.

“Misal bandara Silangit. Tadi pagi saya putuskan terminal diperbaharui, runway diperbesar dan perpanjang sehingga Boeing masuk. Dan akhir Maret ada 3 penerbangan Garuda, saya paksa mulai masuk ke Toba,” kata Jokowi.

“Kita harap perpanjangan runway terminal paling lambat akhir tahun selesai, tapi janji AP II September,” imbuhnya.

Jokowi menegaskan bahwa pemerintah ingin ada re-branding dan positioning yang lebih baik dan baru untuk wisata Danau Toba. Jokowi berharap pengembangan dimaksud cepat terealisasi.

“Sehingga diharapkan di sini betul-betul jadi sebuah wisata yang memang layak dan patut dikunjungi, tidak hanya turis nusantara tapi wisatawan asing,” tegas Jokowi.

Rapat dimulai pada pukul 16.25 WIB, hingga pukul 17.35 WIB rapat masih berlangsung secara tertutup. Wartawan hanya mengikuti saat pembukaan rapat oleh Jokowi.

Sumber: detik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s